Langsung ke konten utama

RANGKUMAN SIMKOMDIG

    Hallo semua kali ini saya akan membuat rangkuman simkomdig kelas 10 semester 1. Ok tan basa basi lagi kita langsung saja yaa


 BAB 1
Upaya Mengomunikasikan Gagasan atau Konsep
Melalui Presentasi Digital 

  A. Konsep mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital  

    Pada dasarnya, Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan membekali siswanya dengan keterampilan
kejuruan untuk mengatasi masalah. Dengan demikian, sejak awal siswa SMK harus mendudukkan
dirinya sebagai bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah.

     Dalam hampir seluruh bagian hidupnya, manusia tidak pernah mampu melepaskan diri dari
kegiatan berinteraksi dengan manusia lainnya. Hal itu terjadi karena manusia adalah makhluk
sosial yang harus tetap berhubungan dengan manusia lain, dan setiap manusia memiliki
keterbatasan. Setiap manusia tidak dapat diukur sama pengetahuan dan keterampilannya.

    Menemukan masalah adalah kegiatan awal sebelum menyelesaikannya. Kemampuan ini
merupakan kerja nalar berdasarkan kondisi dan fakta yang terlihat dan yang mungkin tidak terlihat.
Seseorang berpikir untuk mendapatkan solusi yang menjadi arah utama untuk menyelesaikan
masalah.


Saat A-ha!

   
Manusia selalu ingin tahu untuk mendapatkan solusi. Keingintahuan inilah yang pada dasarnya
mendorong seseorang berpikir. Kegiatan berpikir tidak akan berhenti sebelum menemukan solusi.Dalam proses berpikir menemukan solusi, terdapat saat penting, ketika menemukan sesuatu dalam
pikiran kita. Seolah-olah otak kita diterangi cahaya, mungkin hanya sepersekian detik. Tiba-tiba
muncul sebuah ide cemerlang, menemukan solusi.

 B. Mengatasi masalah 

    Tidak satupun manusia yang tidak memiliki masalah dalam hidupnya. Bahkan masalah ada di
setiap saat. Masalah tidak boleh dihindari, masalah harus dicarikan solusinya. Menunda pencarian
solusi atas suatu masalah, akan menghadirkan masalah lain, yang kadang-kadang menjadi
semakin besar dan rumit.Ketika kita menghadapi kondisi tersebut, kita harus menghadapinya dan mencari solusi sebagai jalan keluar yang dapat mengatasi masalah.

Jadi solusi yang baik adalah ide kreatif yang: 
1. mengatasi masalah secara permanen;
2. dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan kita;
3. bermanfaat bagi (semakin) banyak orang;
4. tidak bertentangan dengan hukum, kesantunan, norma yang berlaku;
5. mampu menginspirasi orang lain. 

C. Mengomunikasikan gagasan 

    Gagasan yang ditemukan oleh seseorang, dapat dikomunikasikan kepada orang lain dengan
berbagai tujuan. Kemampuan mengomunikasikan gagasan kepada orang lain harus dilatih. Contohnya :
1. resep makanan baru sebagai modifikasi resep sebelumnya
2. cara memasak agar lebih enak dan menarik
3. penataan/penyajian makanan
4. memperkenalkan resep makanan sebagai ciptaan baru

    Apalagi kalau seseorang mau melakukan eksplorasi (penerokaan) tentang perubahan produk lama
menjadi produk baru (modifikasi) melalui:
1. perubahan: warna, bentuk, bahan; atau
2. penambahan fungsi produk dengan menambahkan bagian tertentu yang diperlukan
3. membuat produk yang baru

Proses kreatif dapat dilakukan melalui 4 tahap: Mengamati – Menirukan – Modifikasi – Membuat
baru (Niteni, Nirokke, Nambahi, Nemokke, Ki Hajar Dewantara). 



D. Kemampuan berkomunikasi dan perangkatnya 

    Pada dasarnya, kemampuan berkomunikasi merupakan kebutuhan setiap orang. Kemampuan
mengomunikasikan menjadi bagian dari kompetensi teknis bekerja.Hakikat berkomunikasi adalah menyampaikan gagasan atau konsep kepada pihak lain. Komunikasi yang baik adalah bila informasi yang disampaikan, diterima sama isi dan maknanya oleh pihak lain.Terdapat berbagai cara berkomunikasi untuk mencapai komunikasi yang baik.

Melalui perangkat (komunikasi) digital, memungkinkan:
1. seseorang mencari alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapinya;
2. seseorang mencari mitra kolaborasi untuk memodifikasi atau membuat produk
    baru/layanan kerja baru;
3. seseorang mengomunikasikan hasil kerja berupa produk/layanan kerja kepada orang
    lain, atau bahkan melakukan transaksi dan negosiasi. 
ok bab 1 sekian dulu sekarang lanjut bab 2

BAB 2
PENGGALIAN IDE
A. Logika dan Algoritma 
 
1. Logika 

    Manusia adalah mahluk paling mulia, sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan
kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal
pikiran, sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak
bermanfaat (mudarat). Dalam setiap keadaan, seorang manusia membutuhkan pola pikir logis. Berpikir logis yaitu berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika.




    Logika berasal dari kata λόγος (logos), yang bermakna hasil nalar yang diutarakan dalam kata dan
dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat. Cabang filsafat yang lainadalah epistemologi, etika, dan estetika.


Beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut.
a. Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
b. Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang.
c. Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
d. Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.


  Penalaran untuk penarikan kesimpulan dibedakan menjadi dua jenis yaitu pola nalar deduktif dan
induktif.
a. Deduktif
Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus.
Contoh:
Umum        : Semua siswa SMK harus disiplin dan bertanggung jawab.
Khusus       : Sandi adalah siswa SMK.
Kesimpulan: Sandi harus disiplin dan bertanggung jawab.

b. Induktif
Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum.
Contoh:
Khusus : Devi rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus : Yuda rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus : Tika rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Kesimpulan: Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.



2. Algoritma 
 
    Setelah mempelajari logika yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”,
selanjutnya akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”Untuk mendapatkan cara penyelesaian yang baik dibutuhkan strategi atau langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan cara terbaik.

contoh:

    Dina adalah seorang siswa SMK kelas X. Setiap hari dia pergi ke sekolah setelah melakukan sarapan.Pada suatu hari, ketika Dina akan sarapan, yang tersedia hanya nasi tanpa sayur dan lauk. Kemudian terpikir oleh Dina untuk membuat tumis tauge tempe dengan langkah-langkah sebagai berikut. 


a. Siapkan tauge, tempe, cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan bahan lain yang
diperlukan.
b. Iris bawang merah, bawang putih, cabai, dan lengkuas.
c. Panaskan minyak dan masukkan semua irisan bahan.
d. Goreng tempe sebentar.
e. Tambahkan tauge, kecap manis, garam, dan sedikit air.
f. Aduk hingga semua bumbu meresap.
g. Cicipi rasanya. Jika terdapat rasa yang kurang tambahkan bumbu lain secukupnya.
h. Tumis tauge siap dihidangkan.

3. Bagan alir 
 
a. Fungsi bagan alir
 
    Bagan alir (Flowchart) merupakan sebuah bagan yang menunjukkan aliran algoritma dan
menampilkan langkah-langkah penyelesaian terhadap suatu masalah. 

alasan seseorang untuk menggunakan flowchart:

1) Dokumentasi Proses. Bagan alir dapat digunakan untuk mendokumentasikan
proses menjadi lebih terorganisasi dengan baik.  

2) Petunjuk untuk memecahkan masalah. Runtutan langkah dari yang umum
menuju ke khusus atau sebaliknya merupakan petunjuk pemecahan masalah yang
digambarkan dengan bagan alir. 

3) Pemrograman. Bagan alir dapat digunakan untuk menggambarkan garis besar
program yang akan dibuat. Bagan alir juga digunakan untuk merancang navigasi
pengguna pada tampilan (user interface) aplikasi yang akan dibuat.

4) Mengomunikasikan hal-hal yang prosedural.
 
bab 2 sekian dulu untuk kelanjutanya tunggu postingan berikutnya........



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aritmatika Bilangn biner Versi: penjumlahan dan pengurangan

   Halo semua kali ini saya akan memberitahu tentang aritmatika bilangan biner.Sebelum itu  saya minta maaf karena nggak sering update blog , biasa banyak tugas sekolah he.. he.. langsung saja ya     O perasi aritmatika seperti penjumlahan pada bilangan desimal adalah biasa bagi kita, tetapi bagaimana dengan operasi penjumlahan pada bilangan biner? ada yang sudah tau? 1. penjumlahan bilangan biner 0 + 0 = 0 0 + 1 = 1 1 + 0 = 1 1 + 1 = 10 1 + 1 + 1 = 11 Sama hal-nya seperti pada operasi aritmatika penjumlahan pada bilangan desimal dimana bila ada hasil penjumlahan yang hasilnya dua digit, maka angka paling sebelah kiri akan dijumlahkan pada bilangan berikutnya(disimpan).contoh: 010101       1001001 100010       0011001 ---------  +  ---------- + 110111       1100010    2. pengurangan bilangan biner 0 – 0 = 0 1 – 0 = 1 0 – 1 = 1 → meminjam 1 dari di sebelah kiri 1 – 1 = 0 Untuk menyatakan suatu bilangan desimal yang bernilai negatif adalah dengan menambahkan

KELANJUTAN BAB 2 SIMKOMDIG

Ok kali ini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya.... b. Simbol bagan alir      Bagan alir tersusun dari berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah input, proses, maupun output yang berbeda. Berikut adalah berbagai simbol dan masingmasing kegunaannya.   B. Menggali Ide       Berbicara untuk mengomunikasikan ide dan gagasan, sebenarnya merupakan sebuah proses alamiah.Kesuksesan dalam menyampaikan ide/gagasan bergantung pada “penalaran” dan juga “rasa” yang dituangkan dalam rangka mengajak pembaca/pendengar terlibat dalam konten yang dipaparkan. Penalaran merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan, menyusun, atau meneguhkan keyakinan.  1. Imajinasi      Ide perlu digali agar ditemukan. Untuk itu diharapkan dapat memulainya dengan cara berkonsentrasi.Konsentrasi adalah hal pertama dan alat utama yang harus dilakukan/digunakan. Setelah merasa nyaman dan mampu berkonsentrasi, cobalah deskripsikan hal-hal yang telah diketahui di area tersebut, kemudian