Langsung ke konten utama

KELANJUTAN BAB 2 SIMKOMDIG

Ok kali ini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya....

b. Simbol bagan alir 

    Bagan alir tersusun dari berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah
input, proses, maupun output yang berbeda. Berikut adalah berbagai simbol dan masingmasing
kegunaannya.





  http://1.bp.blogspot.com/-0j3ShFMeGOc/VkcdMfof3eI/AAAAAAAABNM/Ek6g-1JtGDk/s1600/simbol.jpg

B. Menggali Ide  

    Berbicara untuk mengomunikasikan ide dan gagasan, sebenarnya merupakan sebuah proses alamiah.Kesuksesan dalam menyampaikan ide/gagasan bergantung pada “penalaran” dan juga “rasa” yang dituangkan dalam rangka mengajak pembaca/pendengar terlibat dalam konten yang dipaparkan.
Penalaran merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan, menyusun, atau meneguhkan
keyakinan. 

1. Imajinasi 

    Ide perlu digali agar ditemukan. Untuk itu diharapkan dapat memulainya dengan cara berkonsentrasi.Konsentrasi adalah hal pertama dan alat utama yang harus dilakukan/digunakan. Setelah merasa nyaman dan mampu berkonsentrasi, cobalah deskripsikan hal-hal yang telah diketahui di area tersebut, kemudian tuliskan.





2. Bernalar 
 
    Berpikir kreatif harus melalui proses penalaran. Bagian inilah yang akan dilatih bernalar. Mempelajari bagaimana mengerucutkan ide-ide, merancang kerangka paparan, mengecek fakta-fakta yang digunakan, dan mengidentifikasi informasi tambahan yang (mungkin) masih dibutuhkan.


C. Peta Minda

Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda (peta
minda). Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam
menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi  dalam selsel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Conntoh :







  Udah sekian dulu ya bye....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN SIMKOMDIG

    Hallo semua kali ini saya akan membuat rangkuman simkomdig kelas 10 semester 1. Ok tan basa basi lagi kita langsung saja yaa   BAB 1 Upaya Mengomunikasikan Gagasan atau Konsep Melalui Presentasi Digital    A. Konsep mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital       Pada dasarnya, Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan membekali siswanya dengan keterampilan kejuruan untuk mengatasi masalah. Dengan demikian, sejak awal siswa SMK harus mendudukkan dirinya sebagai bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah.      Dalam hampir seluruh bagian hidupnya, manusia tidak pernah mampu melepaskan diri dari kegiatan berinteraksi dengan manusia lainnya. Hal itu terjadi karena manusia adalah makhluk sosial yang harus tetap berhubungan dengan manusia lain, dan setiap manusia memiliki keterbatasan. Setiap manusia tidak dapat diukur sama pengetahuan dan keterampilannya.     Menemukan masalah adalah kegiatan awal sebelum menyelesaikannya. Kemampuan ini merupaka

Aritmatika Bilangn biner Versi: penjumlahan dan pengurangan

   Halo semua kali ini saya akan memberitahu tentang aritmatika bilangan biner.Sebelum itu  saya minta maaf karena nggak sering update blog , biasa banyak tugas sekolah he.. he.. langsung saja ya     O perasi aritmatika seperti penjumlahan pada bilangan desimal adalah biasa bagi kita, tetapi bagaimana dengan operasi penjumlahan pada bilangan biner? ada yang sudah tau? 1. penjumlahan bilangan biner 0 + 0 = 0 0 + 1 = 1 1 + 0 = 1 1 + 1 = 10 1 + 1 + 1 = 11 Sama hal-nya seperti pada operasi aritmatika penjumlahan pada bilangan desimal dimana bila ada hasil penjumlahan yang hasilnya dua digit, maka angka paling sebelah kiri akan dijumlahkan pada bilangan berikutnya(disimpan).contoh: 010101       1001001 100010       0011001 ---------  +  ---------- + 110111       1100010    2. pengurangan bilangan biner 0 – 0 = 0 1 – 0 = 1 0 – 1 = 1 → meminjam 1 dari di sebelah kiri 1 – 1 = 0 Untuk menyatakan suatu bilangan desimal yang bernilai negatif adalah dengan menambahkan